New Members: Get your first 7 days of Educo Premium for free! Click here to redem

Logo Mastahtugas

Home

/

Artikel

Beberapa Solusi Mengatasi Konflik Dengan Teman Kuliah

Beberapa Solusi Mengatasi Konflik Dengan Teman Kuliah

Persaingan antar mahasiswa yang tinggi di tempat kuliah kerap menimbulkan konflik. Jika konflik itu tidak segera diselesaikan maka akan berdampak pada nilai prestasi akademik yang bisa turun. Oleh karenanya, lewat artikel ini, Mastahtugas akan berikan beragam solusi bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan ini.

Kenali Beberapa Penyebab Konflik dan Solusinya

Konflik antar teman di kuliah bisa diakibatkan oleh beragam permasalahan. Berikut temuan penelitian langsung dari Mastahtugas setelah melakukan sesi wawancara di beberapa kampus yang ada di Jawa Tengah hasilnya sebagai berikut:

  1. Konflik Yang Diakibatkan Karena Rebutan Pacar

Ada kasus rebutan pacar di kampus? Benarkah? Tentu saja. Kehidupan sosial kemasyarakatan kampus pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan dinamika sosial di pedesaan yang penuh intrik dan drama. 

Ada lho mahasiswa laki-laki yang rebutan cewek di kampus. Yang rebutan ini biasanya naksir cewek yang jadi primadona kampus. 

Solusi mengatasi konflik rebutan pacar: saran dari Mastahtugas yaitu Anda cari gebetan lain saja yang tidak banyak direbutkan. Ikhlaskan saja toh masih banyak perempuan diluar sana yang suportif terhadap aktivitas akademik Anda.

Saran baik lainya yaitu Anda jangan pacarana saja dulu, fokus kuliah agar cepat lulus. Sebab saat punya pacar ketika masih kuliah, kadang Anda malah lebih banyak menghabiskan waktunya untuk jalan-jalan bareng doi ketimbang menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas maupun belajar.

  1. Konflik Dengan Teman yang Tidak Pernah Hadir Dalam Tugas Kelompok

Dosen kadang memberikan tugas kuliah kepada mahasiswa yang harus diselesaikan secara berkelompok. Biasanya dalam 1 kelompok terdiri atas 4-sampai 5 mahasiswa. 

Penyelesaian tugas kelompok ini tidak selamanya berjalan mulus. Ada aja oknum mahasiswa ngeselin yang gak mau hadir, bantu ngerjain, dan gak pernah terlibat dalam tugas kelompok. 

Mahasiswa tersebut hanya numpang presensi atau hanya menulis nama dan nim di cover depan tugas padahal ia sebetulnya tidak terlibat menyelesaikan tugas sama sekali. Gimana gak ngeselin gak tuh?

Solusi atas permasalahan ini: Tidak ada solusi yang paling jitu selain Anda harus menjauhi teman kuliah yang mau enaknya seperti itu. Ajukan pada ketua kelompok untuk mengeluarkan anggota kelompok yang tidak mau gotong royong dalam bekerja. Sesimpel itu solusinya.

  1. Konflik Dengan Teman Mahasiswa yang Suka Ngutang

Kadang ada saja teman sekelas yang suka ngutang. Padahal alasan ngutang bukan untuk kebutuhan darurat seperti untuk biaya berobat melainkan utang untuk keperluan gaya / lifestyle. 

Parahnya, mahasiswa yang suka ngutang tersebut berkali-kali kalau ditagih hutang tidak pernah berniat mengembalikan dengan suka mencari-cari alasan. Anda juga termasuk telah jadi korban dari mahasiswa tukang ngutang tersebut sampai nominalnya belasan juta. 

Itu sih parah ya, gak layak Anda temenan dengan mahasiswa yang seperti itu.

Solusi atas permasalahan ini: tidak ada solusi yang manjur selain Anda harus menjauhi teman yang seperti itu. Orang yang seringkali tidak berniat melunasi hutang, ia akan terus kecanduan dan berusaha mencari korban baru untuk dijadikan sasaran hutang. 

Kesimpulan

Nah itulah beberapa solusi mengatasi konflik dengan teman yang bisa Anda jadikan rujukan dalam mengatasi masalah. Kuliah memang tidak selamanya mulus, ada aja tantangan dan masalahnya. 

Jika Anda menemui sejumlah masalah di kampus, Mastahtugas siap membantu Anda dalam menyediakan layanan konsultan Pendidikan, bimbingan tugas, jasa pengerjaan tugas kuliah, dan bisa menjadi teman diskusi Anda untuk mencapai kesuksesan dalam bidang akademis. 

Open chat
Mastah Tugas
Hai!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!