New Members: Get your first 7 days of Educo Premium for free! Click here to redem

Logo Mastahtugas

Home

/

Artikel

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Semua orang tentu mendambakan ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun, takdir kerap berkata lain, yang membuat mimpi Anda untuk kuliah di PTN menjadi hilang.

Penyebabnya, Anda ternyata tidak lolos dalam seleksi SBMPTN, ujian mandiri, maupun SNMPTN yang biasanya jadi jalur masuk ke PTN. Karena kegagalan Anda masuk PTN, Anda kemudian memilih opsi untuk kuliah di perguruan tinggi swasta saja. 

Namun sebelum Anda memutuskan dengan bulat, ada baiknya baca dulu artikel dari Mastahtugas yang akan kami bagikan untuk Anda terkait dengan kelebihan dan kekurangan kuliah di kampus PTS. Artikel ini bisa jadikan Anda pertimbangan apakah sebelum masuk PTS. 

Beberapa Kekurangan Masuk PTS

Kami uraikan terlebih dahulu kekurangan masuk kampus PTS yaitu sebagai berikut:

  1. Harga SPP atau UKT yang Jauh Lebih Mahal

Kekurangan pertama masuk kampus PTS ada pada harga SPP atau UKT yang terbilang mahal. Untuk harga SPPnya bahkan bisa 3 x lipatnya lebih mahal dibanding SPP PTN. 

Beberapa kampus swasta kadang kala juga belum menerapkan sistem uang kuliah tunggal. Akibatnya, di sepanjang perkuliahan per semester, aka nada banyak tagihan uang yang sangat banyak. Mulai dari biaya praktikum, biaya buku, biaya SKS, biaya UTS, biaya UAS, uang gedung, uang jas almamater, hingga berbagai tagihan lainya yang cukup banyak.

  1. Prestis yang Rendah

Kuliah di kampus swasta kadang suka dipandang rendahan dan kurang membanggakan. Masyarakat kerap menganggap bahwa kuliah di kampus swasta prestisnya rendah. 

Hal ini kadang membuat beberapa mahasiswa dari kampus PTS yang mementingkan gengsi kerap tidak jujur kuliah dimana ketika ditanya teman di tongkrongan.

  1. Ada Perusahaan yang  Kadang Meremehkan Lulusan Kampus PTS

Walaupun kita tidak bisa menggeneralisir hasil lulusan kampus PTS jelek, ada juga mahasiswa lulusan PTS yang jenius. Namun sayangnya ada beberapa perusahaan yang oknum HRD-nya lebih menerima calon pekerja dari lulusan kampus PTN daripada swasta. Jika Anda menemukan perusahaan yang hanya melihat dari almamaternya tanpa melihat skill dan pengalaman lebih baik Anda cari lowongan kerja di perusahaan lain.

  1. Jumlah Teman yang Lebih Sedikit

Kuliah di kampus swasta besar kemungkinan Anda akan mendapatkan teman yang jauh lebih sedikit dibanding kampus PTN. Apalagi kampus PTS Anda lokasinya di pelosok.

Hal ini disebabkan karena peminat kampus PTS biasanya lebih rendah dibandingkan dengan kampus PTN. Hal inilah yang membuat jumlah mahasiswa PTS umumnya lebih sedikit. Jumlah mahasiswa yang sedikit, membuat teman kuliah Anda juga lebih sedikit.

  1. Pilihan Prodi yang Tidak Banyak

Kelemahan berikutnya kuliah di kampus swasta ada pada pilihan prodi ( program studi) yang tidak terlalu banyak dibandingkan PTN. Hal ini karena kampus PTS biasanya tidak punya cukup dana operasional untuk buka berbagai fakultas dan prodi baru yang butuh biaya operasional yang banyak. Hal ini berbeda dengan kampus PTN yang biasanya punya 6 fakultas sampai dengan 10 fakultas.

Kelebihan Kuliah di Kampus Swasta

Kendatipun kuliah di kampus swasta ini cukup banyak kekurangan, ternyata ada lho kelebihan kuliah di kampus swasta yaitu sebagai berikut:

  1. Lulus Kuliahnya Jauh Lebih Mudah

Kelebihan pertama kuliah di kampus PTS ada pada tingkat kelulusanya yang jauh lebih mudah. Hal ini lantaran regulasi yang ditetapkan kampus swasta biasanya cukup longgar dan tidak terlalu ketat.

Hal ini berakibat pada mudahnya jenis soal yang kerap dibagikan dalam sesi UTS maupun UAS. Bandingkan dengan kuliah di PTN yang biasanya suka mempersulit mahasiswanya untuk lulus dengan cepat.

  1. Lebih Banyak Pengalaman Kerja di Lapangan

Kampus swasta biasanya punya sistem kurikulum dengan memperbanyak praktik kerja, magang, intersip, dan berbagai metode belajar secara langsung. Karena banyak prakteknya, hard skill mahasiswa lulusan kampus swasta biasanya lebih jago dan lebih siap untuk bekerja. Hal ini kerap menimbulkan perbedaan dimana kampus PTN biasanya lebih banyak teorinya daripada best praktisnya.

  1. Jam Kuliah yang Lebih Fleksibel

Bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja mencari uang, kampus PTS cocok untuk dipilih. Hal ini lantaran kampus PTS biasanya punya jam kuliah yang lebih fleksibel menyesuaikan kesibukan mahasiswa. Ada kelas karyawan, kelas sore, kelas minggu, hingga kelas malam yang bisa dipilih mahasiswa. Kampus swasta juga banyak yang memberikan program pembelajaran full online.

Dengan fleksibilitas waktu tersebut, membuat kampus swasta cocok dipilih bagi mahasiswa yang kuliah nyambi kerja. Nah itulah beberapa kekurangan dan kelebihan kuliah di kampus swasta. Silahkan keputusan Anda memilih kampus PTN atau swasta ada di tangan Anda.

Open chat
Mastah Tugas
Hai!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!