New Members: Get your first 7 days of Educo Premium for free! Click here to redem

Logo Mastahtugas

Home

/

Artikel

Beberapa Solusi Mengatasi Beban Study Kuliah yang Berat

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Proses menyelesaikan kegiatan perkuliahan itu tidak mudah. Ada sejumlah kendala yang kerap dihadapi mahasiswa. Salah satu kendalanya ada beberapa beban study yang cukup berat. Mata kuliah yang punya beban study berat biasanya ada di angka 3 sks sampai 6 sks. Namun tenang, Mastahtugas akan memberikan solusi bermanfaat kepada para pembaca untuk mengatasi masalah ini.

Beberapa Jenis Mata Kuliah yang Sulit dan Punya Beban Study yang Berat

Pada perkuliahan jenjang S1. Ada beberapa mata kuliah yang dikenal menakutkan, sulit, dan tidak gampang lulus. Berikut beberapa mata kuliah tersebut:

  1. Mata Kuliah Pengantar Bahasa Inggris

Horor pertama bagi para mahasiswa baru ( maba) yaitu Ketika bertemu dengan mata kuliah pengantar Bahasa Inggris. Banyak lulusan SMA dan SMK di Indonesia yang penguasaan Bahasa Inggris aktif maupun pasif sangat kurang. Hal ini jadi momok menakutkan karena tingkat kesulitan belajar Bahasa Inggris di kampus jauh lebih sulit. Hal ini membuat beberapa mahasiswa mengaku hanya dapat nilai B- sampai kadang ada yang dapat nilai C untuk mata kuliah pengantar Bahasa Inggris.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini para mahasiswa disarankan untuk mengambil kelas tambahan ( kursus) Bahasa Inggris di tempat kursus disekitar kampus Anda. Kalau Anda tidak punya waktu luang untuk tatap muka, bisa ikuti kursus Bahasa Inggris secara online saja.  Dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris, Anda akan lebih dapat menguasai proses pembelajaran Bahasa Inggris di kampus.

  1. Mata Kuliah Statistik

Momok menakutkan berikutnya bagi mahasiswa yaitu Ketika bertemu dengan mata kuliah statistik. Mata kuliah ini banyak kegiatan hitungan, mengolah data, visualisasi data, ploting dana, mengelompokan data, memverifikasi data, dan sejumlah kegiatan menghitung lainya yang dikenal sulit dan memusingkan. 

Ada banyak mahasiswa yang tidak hapal rumus dalam mengerjakan soal statistik. Ada juga mahasiswa yang tidak mahir sama sekali dalam mengoperasikan softwere olah data seperti SPSS, Lisrel, Amos, maupun Stata. Akibatnya, banyak mahasiwa yang dapat nilai C hingga E untuk mata kuliah statistik. Sangat mengerikan bukan?

Solusi: untuk mengatasi solusi ini, coba Anda buka lagi buku-buku matematika jenjang SMA. Ada beberapa cabang dalam ilmu statistik yang rumusnya sama dengan pelajaran matematika di SMA seperti mencari median maupun mean. Anda juga kami sarankan untuk cari tentor yang bisa mengajari Anda ilmu statistik dengan efisien. 

  1. Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Momok menakutkan berikut bagi mahasiwa yaitu Ketika bertemu dengan mata kuliah metodologi penelitian (metopen). Di akhir pertemuan, dosen metopen biasanya akan menugaskan membuat karya tulis ilmiah, artikel jurnal penelitian, maupun mini paper berdasarkan pengamatan secara langsung di lapangan. 

Mahasiswa Indonesia jarang ada yang mampu bikin suatu tulisan akademis yang tanpa plagiat sama sekali ( lolos cek Turnitin). Biasanya, banyak mahasiswa yang Ketika membuat karya tulis cenderung kopas. Tentu saja tantangan dosen metopen untuk menyuruh mahasiswa membuat karya tulis ilmiah yang original pada akhirnya dianggap menyulitkan. 

Akibatnya, banyak mahasiswa yang nilai mata kuliah metopen sering dapat nilai C karena karya tulis yang dikumpulkan hasil copas. 

Solusi: Agar Anda bisa menulis karya tulis ilmiah yang original, hasil pemikiran sendiri, dan tanpa plagiat. Kami sarankan Anda belajar ilmu kepenulisan pada orang-orang yang kredibel sebagai contoh belajar ilmu nulis dari para anggota Forum Lingkar Pena. Orang-orang dianggota tersebut sudah terbiasa dilatih untuk menulis artikel yang origina.

Kami juga sarankan agar Anda belajar Teknik paraphrase artikel. Teknik ini bekerja dengan cara menulis ulang artikel yang dijadikan kutipan dengan bahasa sendiri akan tidak terdeteksi pada softwere cek plagiasi semacam Turnitin maupun Copyscape.

  1. Proposal Penelitian

Momok menakutkan yang terakhir yaitu mata kuliah proposal penelitian. Mata kuliah ini menekankan mahasiswa agar bisa menulis skripsi sampai dengan bab 3. Setelah proposal penelitian disetujui, mahasiswa disuruh untuk melanjutkan sampai BAB 5 hingga proposal penelitian tersebut berubah menjadi skripsi.

Di beberapa kampus, skripsi telah diubah menjadi tugas akhir (TA) dengan format atau sistematika yang lebih sederhana. Hanya saja jenis mata kuliah ini masuk dalam level beban study yang berat. Kadang mahasiswa menemukan sejumlah kendala seperti ketemu dosbing killer yang tidak mau ACC judul penelitian, kendala data penelitian tidak valid, sumber referensi yang tidak relevan dengan judul penelitian, dan sejumlah tantangan berat lainya yang membuat mahasiswa kerap tidak lulus dalam menghadapi mata kuliah ini.

Solusi Tambahan

Bagi Anda yang merasa bahwa solusi di atas tidak cocok, kami berikan solusi tambahan. Solusi tambahan agar Anda bisa mendapatkan nilai A dari semua mata kuliah menakutkan di atas yaitu dengan memesan jasa tugas kuliah di Mastahtugas. 

Kami berkomitmen akan mengerjakan tugas kuliah pesenan konsumen sebaik-baiknya sehingga konsumen bisa mendapatkan nilai A+. Yuks pesan sekarang juga. Dijamin Anda bakalan menemukan sejumlah keunggulan yang tidak didapatkan di tempat lain. 

Open chat
Mastah Tugas
Hai!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!