New Members: Get your first 7 days of Educo Premium for free! Click here to redem

Logo Mastahtugas

Home

/

Artikel

Kegiatan Perkuliahan dan Jenis Tugas Dari Semester 1 Sampai Dengan Semester 8

jenis kegiatan perkuliahan dari semester 1 sampai dengan semester 8

Dalam menjalani proses perkuliahan. Mahasiswa harus berjuang dari semester 1 sampai dengan semester 8 untuk menyeleaikan studi tepat waktu.

 

Masing-masing semester punya tingkat kesulitan dan tantanganya sendiri. Berikut ini kami tuliskan jenis tugas yang sering dibagikan dosen dari semester 1 sampai dengan semester 8. Yuks simak atikel yang ditulis oleh Mastahtugas ini sampai tuntas.

 

Semester 1 – 2

 

Pada semester pertama, mahasiswa baru masih punya semangat yang menggebu-gebu berangkat ke kampus. Hal ini lantaran mahasiswa baru merasa bahwa kampus yang ia tempati merupakan miniature kehidupan baru selepas dari bangku sekolah SMA.

 

Mahasiswa di semester ini bisanya mengikuti kelas mata kuliah yang masih dalam bentuk pengantar dan mata kuliahnya masih ada kemiripan dengan mata pelajaran di SMA.

 

Adapun kegiatan perkuliahan pada semester ini mulai dari mengikuti perkuliahan mata kuliah Pengatar Bahasa Inggris, Pengantar Bahasa Indonesia, Pengantar Bahasa Arab, hingga pengantar filsafat.

 

Mata kuliahnya belum mengarah ke penjurusan. Mata kuliahnya masih bersifat umum.

 

Semester 3– 4

 

Pada perkuliahan antara semester 3-4, mahasiswa baru mulai sanggup beradabtasi dengan lingkungan kampus. Mahasiswa tersebut sudah tidak canggung lagi ketika bertemu dengan kaka tingkat maupun rekan senior lainya.

 

Adapun jenis tugas yang sering muncul di semester ini yaitu berupa penugasan agar mahasiswa melakukan penelitian studi kasus di berbagai lokasi.

 

Hasil pengamatan tersebut kemudian disuruh dosen untuk mempublish-nya dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional

 

Semester 5-6

 

Jenis tugas yang sering dibagikan antara semester 4-5 biasanya dalam bentuk penugasan magang. Kegiatan magang ini ditempatkan di beberapa institusi maupun lembaga yang relevan dengan prodi masing-masing.

 

Di semester ini pula mahasiswa biasanya sudah diberikan kesempatan oleh dosen untuk memilih mata kuliah peminatan. Masing-masing mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih mana mata kuliah yang diminati sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

 

Di semester 6 mahasiswa juga sudah mulai mengikuti perkuliahan metodologi penelitian. Dimana mata kuliah ini berisi tata cara melakukan penelitian proposal skripsi yang nantinya ilmu tersebut diterapkan untuk program penulisan skripsi di semester 8.

 

Semester 7-8

 

Pada jenjang semester ini bisa dibilang yang paling sibuk dan berat tantanganya dibandingkan dengan semester lain. Ada sejumlah kegiatan perkuliahan yang sering muncul di semester ini yaitu mulai dari kegiatan KKN, penyusunan skripsi, sidang skripsi, hingga acara wisuda jika skripsi yang Anda ujikan lolos dinilai penguji.

 

Namun jika ada tanggungan mata kuliah yang tidak tuntas serta skripsi yang belum terselesaikan, maka harapan mahasiswa untuk lulus di semester 8 akan tertunda di semester 10 maupun yang paling parah baru bisa lulus di semester 14.

Tips Agar Mahasiswa Bisa Lancar Mengikuti Kegiatan Perkuliahan Sampai 8 Semester

 

 

Nyatanya, kadang ada mahasiswa yang mengalami kendala selama ia kuliah. Kali ini Mastahtugas hadir memberikan solusi agar kegiatan perkuliahanya bisa lancar sampai lulus dengan tips yang bisa diikuti yaitu sebagai berikut:

 

  • Jangan pernah nunda-nunda waktu mengerjakan tugas kuliah. Kalau Anda sedang tidak enak badan atau sedang berduka karena baru saja ditinggal mati saudara keluarga silahkan gunakan layanan joki tugas kuliah di Mastahtugas.
  • Kurangi kegiatan bolos kuliah. Kalau perlu hilangkan saja. Karena keseringan bolos kuliah bisa membuat nilai Anda jadi jelek yang pada akhirnya akan menghambat kamu untuk lulus tepat waktu.
  • Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Selalu luangkan waktu untuk belajar setiap hari. Anda bis abaca modul kuliah sehari minimal 1 jam sudah cukup untuk menambah wawasan Anda menjadi semakin luas.
  • Kurangi main game online. Mulai sekarang Anda harus membatasi diri agar tidak terlalu sering main game online. Sebab game online bersifat candu dan bisa melalaikan mahasiswa untuk belajar dan pergi ngampus.

 

Kesimpulan

 

Dari artikel yang telah kami tulis di atas dapat disimpulkan bahwa masing-masing semester ada tantangan dan kesulitanya sendiri-sendiri. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk kuliah maka persiapkan dulu strategi Anda untuk menghadapi tugas-tugas yang diberikan dosen per semesternya.

 

Dengan mempersiapkan jauh-jauh hari, maka Anda akan bisa lancar menjalani proses perkuliahan sampai lulus.

Informasi

Open chat
Mastah Tugas
Hai!
Hubungi Kami Lewat Sini ya!